26 Juni 2020 8:52 am

Tips Menjaga Kebersihan Ala Rasulullah Saw

Corona Virus Disease atau Yg disingkat Menjadi COVID-19 , Telah membuat manusia tersadar betapa Pentingnya menjaga kebersihan diri, Namun bukankah agama islam lah yg terlebih dahulu memberikan tuntunan untuk menerapkan pola hidup bersih dalam kehidupan kita sehari hari ?


Namun sebagian manusia telah lalai dan melupakan sunnah sunnah yg telah diajarkan oleh rasulullah mengenai Adab – Adab menjaga kebersihan pada zaman yg telah silam.


Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah disebutkan,

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

Artinya : “Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah ta’ala membangun Islam ini atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih.” (HR Ath-Thabrani).

Berikut Merupakan Adab-Adab Menjaga Kebersihan Ala Rasulullah Saw Yg Bisa Kita Tauladani Dalam Kehidupan Sehari Hari :

1. Menjaga Kebersihan Badan

Dalam hadis yang diriwayatkan Sayyidah Aisyah radhiallahu ‘anha:

عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ زَكَرِيَّاءُ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ

“Ada sepuluh hal termasuk bagian dari fitrah atau kesucian, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, menghirup air dengan hidung (istinsyaq), memotong kuku, membasuh sendi-sendi tulang jemari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ dengan air.” Zakaria berkata bahwa Mu’shob berkata, “Aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur-kumur.” (HR. Muslim, Abu Daud, At Tirmidzi, An-Nasai Ibnu Majah)

2. Menjaga Kebersihan Rambut

Sahabat Anas, pelayan Nabi ﷺ, berkata:
“Rasulullah senantiasa berminyak rambut dan selalu menyisir jenggotnya.”

3. Menjaga Kebersihan Mata

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad, dari Abdullah bin Abbas, dia berkata;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْتَحِلُ بِالْإِثْمِدِ كُلَّ لَيْلَةٍ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ وَكَانَ يَكْتَحِلُ فِي كُلِّ عَيْنٍ ثَلَاثَةَ أَمْيَالٍ

Sesungguhnya Nabi ﷺ bercelak dengan istmid (batu hitam yang biasa digunakan untuk bercelak), setiap malam tetkala menjelang tidur, dan beliau bercelak tiga kali pada setiap matanya.

4. Menjaga Kebersihan Mulut

Rasulullah bersiwak di beberapa kondisi, seperti dalam wudhu, hendak salat, akan tidur dan setelah bangun tidur. Di masa sekarang siwak bisa kita lakukan dengan menggunakan sikat gigi dengan niat bersiwak sebagaimana yang Nabi kerjakan, Nabi ﷺbersabda :

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ ، مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Siwak itu membersihkan mulut dan mendapat ridho Tuhan.” (HR. Nasa’I di sunannya)

5. Menjaga Kebersihan Pakaian

“Setengah dari kehormatan seorang mukmin kepada Allah, ialah kebersihan pakaiannya (HR. Abu Nu`aim)
Niatkanlah menajga kebersihan diri bukan semata karena takut akan sebuah virus, namun lakukanlah dengan niatan ingin menjaga kebersihan diri dengan meneladani Nabi Muhammad SAW, karena dengan niatan tsb anda akan mendapatkan keutamaan sekaligus, selain mendapatkan manfaat sehat juga ditambah dengan pahala karena mengikuti sunnah Nabi SAW.

Semoga Allah Swt selalu memberikan kita anugerah kesehatan dan dihindarkan dari bahaya virus maupun penyakit yg lainnya .

(Source img : akamaized.net)
Baca Artikel Lainnya
Update Produk Terbaru!
`Berlangganan
Social Media
Pengaduan Customer
082132283581
Metode Pengiriman
Lawang Agung Grup
@2020 Lawang Agung Inc.