12 Juni 2020 1:55 pm

Sederhana Namun Bermakna Bagi Orang Tua, Berbaktilah Kepada Kedua Orang Tua

“Celaka, sekali lagi celaka, dan sekali lagi celaka orang yang mendapatkan kedua orang tuanya berusia lanjut, salah satunya atau keduanya, tetapi (dengan itu) dia tidak masuk syurga.”

( HR. ABU HURAIRAH)


Merupakan suatu kemuliaan tatkala seorang anak ikhlas dan sadar dalam memuliakan serta berbakti kepada kedua orang tuanya dalam perkara-perkara kebaikan dan tidak melanggar syariat.


Berikan kebahagiaan kepada Orang Tua sebelum mereka dipanggil oleh-Nya (Source Img : Google)


Dan sungguh celaka dan merugi bagi seorang anak yang tatkala kedua orang tua atau salah satunya masih hidup lantas ia berbakti kepadanya, Demi mengejar kebahagiaan duniawi semata, Tanpa disadari mereka mendekatkan diri dengan api neraka dan azab-Nya.

LALU BAGAIMANAKAH,CARA BERBAKTI KEPADA ORANG TUA YG SUDAH WAFAT ?


Berikut beberapa cara yg bisa kita lakukan dalam berbakti pada orang tua yg telah meninggal dunia, Di antara nya :

1. Memohon Ampun untuk Orang Tua


Bahwasanya doa dari anak yang sholeh begitu luar biasa memberi manfaat bagi orang tua yang telah meninggal, Sebaliknya anak-anak yang tidak mau taat kepada perintah Allah, maka sang anak hanya akan memberikan beban berat yang harus dipertanggung jawabkan orang tuanya di yaumul akhirat, Seperti yang di riwayatkan Imam Ahmad dari Abu Hurairah, jadi Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga, hamba itu kemudian berkata; ‘Wahai Rabb, dari mana semua ini? ‘ maka Allah berfirman; ‘Dari istighfar anakmu.’”

2. Melakukan Nazar Orang Tua


“Dari Ibnu Abbas, sesungguhnya seorang wanita dari Juhainah datang kepada Rasulullah SAW, lalu dia berkata: “Sesungguhnya ibu saya telah bernazar melakukan haji, dia meninggal sebelum melaksanakan nazar hajinya, apakah boleh melakukan haji menggantikannya?” Rasulullah SAW menjawab: “Lakukan haji untuknya.” (HR. Bukhari)

3. Melunasi Hutang Orang Tua


Rasulullah Shallalalhu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Jiwa (ruh) seorang mukmin tergantung karena hutangnya, sampai terlunasi” (HR. Tirmidzi).

4. Sedekah untuk Orang Tua kepada Orang yang Membutuhkan


Dari Abdullah bin Abbas RA ia berkata: “ Sesungguhnya ibu dari Sa’ad bin ‘Ubadah RA meninggal dunia. Sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sisinya. Kemudian Sa’ad mengatakan: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya? Rasulullah SAW pun menjawab: “Iya bermanfaat”. Kemudian Sa’ad mengatakan kepada Rasulullah SAW: “Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya.” (HR. Bukhari).

5. Menyambung Silaturahmi dengan Teman & Kerabat Orang Tua


Dalam syariat Islam bahwasanya dituntunkan untuk kita senantiasa menyambung tali silahturahmi dengan keluarga-keluarga dari orang tua kita yang telah tiada sebagai bentuk bakti kita kepada orang tua Sesungguhnya sebaik-baik bentuk berbakti (berbuat baik) adalah seseorang menyambung hubungan dengan keluarga dari kenalan baik ayahnya.” (HR. Muslim no. 2552).

6. Menjaga Nama Baik Orang Tua


Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi no. 1900).

Sederhana Namun Bermakna Bagi Orang Tua, Berbaktilah Kepada Ke-2 Nya dengan sepenuh hati dan jiwa raga.

Demikian Sharing ilmu kita pada hari ini , semoga bermafaat dan Allah SWT memudahkan kita untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari hari , Amiin yaa rabbal alamiin..

Source img : dream.co.id
Baca Artikel Lainnya
Update Produk Terbaru!
`Berlangganan
Social Media
Pengaduan Customer
082132283581
Metode Pengiriman
Lawang Agung Grup
@2020 Lawang Agung Inc.