4 Mei 2020 11:38 am

Mengisi Ramadhan saat WFH

Ramadhan tahun ini terasa berbeda. Perkembangan virus Pandemi Corona membuat kita harus tetap berada di rumah atau WFH (Work From Home). Kemeriahan ibadah ramadhan jauh berkurang dari biasanya. Sebagian dari kita berusaha hikmat menjalani ibadah di bulan suci. Kehikmatan ini diwujudkan meskipun ibadah dipusatkan di rumah masing-masing yang terasa lebih personal karena kita menghindari kerumunan dalam jumlah besar.


Namun ada cara kita mengisi Ramadhan tahun ini dengan meriah tanpa harus keluar rumah dan tetap WFH.


1. Kajian Online Melalui Video Call


Memang masyarakat Indonesia itu unik. Bisa menggunakan apapun yang ada didepannya sebagai solusi untuk berkomunikasi. Ramadhan tahun ini sangat meriah dengan konten-konten pendaftaran kajian online. Tidak sedikit orang yang mendaftar kajian walaupun bertatap muka melalui video call.


Kajian Online di Suara Muslim FM

Mengisi Ramadhan tahun ini, kita bisa memperbanyak mengikuti kajian online yang banyak diselenggarakan masjid, komunitas maupun grup2 WhatsApp kita dalam rangka meningkatkan keilmuan dan silaturahim kita pada sesama.

Beberapa masyarakat memakai aplikasi Zoom, Microsoft Teams, Hangout, maupun WhatsApp untuk menimbah ilmu agama melalui kajian online. Selain kajian online, aplikasi tersebut sering digunakan untuk silaturahim dengan keluarga dan teman, meeting online, maupun hanya sekedar menyapa orang tua sebagai obat rindu.

2. Memperbanyak Ibadah


Biasanya kita kerja 8 jam di kantor, karena adanya covid-19 dan kantor menyelenggarakan WFH, maka makin banyak waktu kita dirumah. Semakin mudah juga kita memperbanyak ibadah di rumah.


Suasana Mengaji (Source Img : https://intens.news/)


Beberapa diantaranya, menjalankan sholat tepat waktu, mengaji Al-Quran 1 Hari 1 Juz, maupun menyiapkan uang kita untuk disedekahkan kesesama. Bentuk ketaatan kita selama Ramadhan bukan hanya menahan lapar dan haus. Tetapi kita perlu memperbanyak ibadah yang sering kita lupakan atau sering kita lalaikan.


3. Membuat Kerajinan Tangan


Bagi seorang pekerja di kantor mungkin lebih asing jika kita mengisi membuat kerajinan tangan selama WFH, tapi itu tidak menutup kemungkinan kita mencoba.


Membuat Kerajinan Tangan dari Botol (Source Img : https://cdn.idntimes.com/)


Agar tidak bosan selama WFH dan menunggu waktu berbuka puasa, kita bisa memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan yang menarik dan bisa dijual. Selain dapat menambah keterampilan, kita juga akan merasa terhibur. Bahan-bahan yang digunakan sederhana saja, sesuai yang ada di rumah. Sehingga kita pun tidak perlu pergi ke luar rumah.

4. Memasak Menu Buka Puasa


Mungkin Ramadhan tahun lalu kita lebih banyak memesan makanan untuk buka puasa diluar rumah. Tahun ini, kita bisa berkreasi di dapur untuk memasak menu buka puasa. Kegiatan ini cukup menyenangkan, sambil kita mempersiapkan menu spesial saat buka puasa.

Saatnya berkreasi memasak di Rumah (Source Img : Dream.co.id)


Daripada kita bosan dirumah, kita coba mengolah menu baru yang bisa kita ciptakan dirumah. Memasak menu buka puasa selain mengisi waktu kosong, kita akan mengasah skill pengalaman memasak kita.

5. Berkebun & Berternak


Selama Work From Home, kita bisa gunakan aktivitas berkebun & bertenak di pekarang rumah kita. Beberapa tips dan cara berkebun & berternak bisa kita dapatkan di internet, agar tidak salah merawatnya.

Ide berkebun dirumah atau lahan kecil (Source Image : Brilio.net)

Cocok buat kita yang ingin mengisi waktu kosong dengan berkebun & berternak, agar bisa menghemat pengeluaran kita, selain itu kita bisa meningkatkan skill keterampilan dan mengajak anak untuk mampu berbudidaya dirumah.

-------

Nah, masih banyak cara kita mengisi Ramadhan dirumah. Semakin kita menemukan hal-hal baru, semakin produktif kita dalam memeriahkan ramadhan tahun ini.


Tentu, ramadhan sebagai bulan kemuliaan maka barangsiapa yang memuliahkan Ramadhan, In Shaa Allah akan dipertemukan dengan malam Lailatul Qadr, dan pahala yang berlimpah. Aamiin...

Baca Artikel Lainnya
Update Produk Terbaru!
`Berlangganan
Social Media
Pengaduan Customer
082132283581
Metode Pengiriman
Lawang Agung Grup
@2020 Lawang Agung Inc.