4 Mei 2020 2:09 pm

Kebiasaan Rasulullah Makan Kurma yang Jarang Diketahui

Tentu orang hanya mengenal kurma sebagai hidangan berbuka puasa dan sahur di bulan Ramadhan. Selain itu, orang umum juga mengenal kurma sebagai makanan favorit nabi yang dimakan ganjil dan segala manfaatnya.


Sebaik-baiknya manusia adalah Rasulullah SAW sebagai suri teladan dalam berbagai perkara, termasuk cara kita mengonsumsi kurma. Nah, bagaimana tuntunannya ?

1. Makan Kurma sebelum Berangkat Sholat Ied Fitri


Orang biasa pada umumnya, sebelum berangkat sholat ied, kita mempersiapkan segala jajanan untuk tamu, tidak terkecuali kita mencicipi beberapa jajanan tersebut. Beberapa orang biasa pada umumnya, mencoba merasakan ompor ayam maupun kare ayam yang sudah disediakan. Beda dengan Rasulullah..


Suasana Sholat Ied Fitri (Source Image : lh3.googleusercontent.com)

Rasulullah sebelum berangkat ke tanah lapang untuk sholat Ied, Beliau selalu mengonsumsi kurma secara ganjil. Hikmah dari mendahulukan makan kurma sebelum sholat ied fitri adalah sebagai simbol bahwa pada hari itu telah dihalalkan untuk berbuka di pagi hari.

Dari Anas bin Malik, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum berangkat shalat pada hari raya Iedul Fithri, sehingga beliau makan beberapa buah kurma”.

2. Rasulullah makan kurma dengan keju


Secara ilmiah, Kandungan Lemak dan protein yang tinggi keju dapat menambah kekurangan kandungan lemak yang terkandung dalam kurma.


Olahan Keju


Kurma memiliki pahala sunnah yang tentu kita harus konsumsi seperti anjuran Rasulullah, tetapi kita perlu menambahkan kreasi memakan kurma dengan keju sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Diriwayatkan Abu Dawud & Ibnu Majah “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengunjungi kami, maka kami hidangkan kepada beliau, keju dan kurma kering, sedangkan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menyukai keju dan tamr (kurma kering)” Wow, baru tahu ya? Penulis juga baru tahu...

Nah, Coba kreasi baru memakan kurma dirumah bersama keju. Pasti rasanya manis-manis gurih..


3. Rasulullah memakan kurma dengan Mentimun


Buah Mentimun? Yakin nih? In Shaa Allah yakin. Rasulullah mencampur buah kurma dan mentimun dengan tujuan agar rasa panas yang terkandung dalam kurma dapat menyeimbangkan rasa dingin dan basah yang terdapat dalam buah mentimun.


Mentimun yang segar


Bukan hanya keju, Rasulullah juga mengonsumsi kurma dengan mentimun. Nah, Kamu mau coba? Silakan kreasikan dirumah.

Diriwayatkan Al-Bukhari & Muslim, “Aku melihat Rasulullah makan buah mentimun dengan ruthab (kurma basah)”

4. Rasulullah juga mengonsumsi kurma dengan Semangka


Buah semangka sangat segar, basah dan enak untuk dikonsumsi. Tidak sedikit orang menggunakan buah ini untuk kreasi makanan dirumah. Nah, Rasulullah SAW mengkreasikan mengonsumsi kurma dengan semangka. Diriwayatkan Al-Muhaidji dalam Musnad, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa makan semangka dengan kurma basah”.


Semangka yang segar


Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah siap mengonsumsi kurma sebelum sholat ied Fitri, mengonsumsi kurma bersama keju, mentimun, atau semangka ? Ayo segera dicoba dirumah, In Shaa Allah selain mendapatkan khasiat, terpenting adalah kita menjalankan sunnah rasulullah SAW.

Baca Artikel Lainnya
Update Produk Terbaru!
`Berlangganan
Social Media
Pengaduan Customer
082132283581
Metode Pengiriman
Lawang Agung Grup
@2020 Lawang Agung Inc.