14 Mei 2020 9:07 am

Benarkah, Tidurnya Orang yang Berpuasa Adalah Ibadah ?

Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab ramiḍa atau ar-ramaḍ, yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan .Puasa Ramadhan hukumnya merupakan fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes atau sedang mengalami menstruasi .


Bulan ramadhan memilki keutamaan yg istimewa dibandingkan dengan bulan lainnya, sehingga setiap amal kebaikan yg kita kerjakan akan dilipat gandakan pahalanya dan yg meninggalkan kemaksiatan akan dinilai pahala dan ibadah disisi allah swt .


Siapa sih yang tidak ingin meraih banyak pahala di bulan ramadhan ? tentunya setiap umat muslim akan melakukannya . Sayangnya, sebagian orang masih belum memahami betul perihal cara “meraih banyak pahala “ dibulan ramadhan ini, Secara instan beberapa orang mengartikan Ibadah dengan An Naum atau Tidur .

Hal tsb dikaitkan dengan sebuah hadist yg menyebutkan bahwa tidur dibulan ramadhan bernilai ibadah sebagaimana hadist yg tertera di bawah ini :

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

Artinya :
Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan

Coba kita perhatikan, Sebetulnya Tidak ada kesalahan dalam hadist tersebut, namun cara pandang yg tidak tepat lah yg akan membuat manusia salah dalam menerapkannya.

Jika ada seseorang yang berniat untuk tidur selama berpuasa, hukumnya adalah boleh atau sah sah saja .Namun jika seseorang itu tidur berlarut-larut hingga meninggalkan ibadah lainnya, seperti shalat. Maka hukumnya adalah dosa, karena ia dianggap sudah lalai meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim

Namun sebaliknya, jika niat tidurnya diniatkan untuk menghindari kemaksiatan, maka hal tersebut lebih baik baginya ,bahkan tidurnya akan dicatat sebagai ibadah oleh Allah Subhanallahu wa Ta'ala .

Jadi, jangan salah kaprah lagi ya sahabat dengan isu TIDURNYA ORANG YG BERPUASA ADALAH IBADAH semuanya kembali pada niat hati kita masing masing .

Ramadhan merupakan bulan mulia yg slalu dinantikan kehadirannya oleh umat muslim di seluruh dunia . Kekhususan bulan Ramadan bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al-Quran pada surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa."


Maka, sudah selayaknya kita memanfaatkan waktu di bulan mulia ini dengan berbagai kegiatan yg lebih bermanfaat , berikut beberapa amal kebaikan yg bisa kita lakukan di bulan ramadhan :

  • Membaca Al-Qur’an
Dalam hadis HR. At-Tirmidzi, diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”

  • Berpuasa
Dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda,
“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

Selanjutnya, dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat”
  • Melakukan Shalat Sunnah dan Shalat Malam
Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan shalat tahajud di bulan Ramadhan dalam hadis HR. Bukhari dan Muslim.
“Sesungguhnya Allah telah memfardu-kan puasa Ramadhan dan aku telah mensunnahkan bagimu salat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan salat sunnah di malam harinya karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya.”
  • Bersedekah
Kebaikan lainnya yang bisa dilakukan umat muslim adalah bersedekah. Allah taala menjanjikan pahala dan balasan bagi orang-orang yang suka bersedekah. Banyak keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan, yaitu menghapus dosa, mendapatkan naungan di hari akhir, memberi keberkahan pada harta, dan mendapat pahala berlipat ganda.

Itulah beberapa amal kebaikan yg bisa kita tingkatkan selama bulan ramadhan , semoga bermanfaat untuk sahabat semuanya..

Source img : liputan.com
Baca Artikel Lainnya
Update Produk Terbaru!
`Berlangganan
Social Media
Pengaduan Customer
082132283581
Metode Pengiriman
Lawang Agung Grup
@2020 Lawang Agung Inc.