12 Oktober 2020 1:55 pm

5 Tips Inspiratif Memperkenalkan Allah Pada Anak Sejak Dini

Assalamu’alaikum Ayah & Bunda yg dirahmati oleh Allah SWT, Memperkenalkan Allah Swt kepada buah hati mungkin menjadi perkara yg tidak bisa dilakukan dengan mudah , hal ini juga kembali pada situasi , cara penyampaian dan usia anak .

Namun sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk menanamkan aqidah agama kepada anak sejak dini, memperkenalkan dan mendekatkan anak pada sang maha pencipta . Agar anak mampu mencintai Allah SWT Dengan segenap hatinya .

Ketika anak sudah mampu mengenal dan menicntai Allah, dan ia mulai bertanya mengenai penciptaan , mengenai hal hal keagamaan , maka penjelasan dari orang tua akan leih mudah dipahami oleh anak . Berikut beberapa tips yg bisa anda terapkan kepada buah hati dirumah, agar senantiasa dekat dan mencintai Rabb – nya ..

APA SAJA TIPS MENGENALKAN ALLAH SWT PADA ANAK ?


1. MENANAMKAN KETAUHID-AN


Menanamkan ajaran tauhid kepada anak harus dilakukan sejak dini, menanamkan pemahaman dan iman dalam hati anak bahwa Allah adalah tuhan yg maha Esa dan tidak ada tuhan lain yg patut disembah kecuali allah . Ketika memberikan penjelasan kepada anak maka gunakanlah Bahasa yg mudah dipahami oleh anak se usianya dengan melantunkan ayat ayat qur’an yg berkaitan dengan ke – esaan Allah swt , seperti yg disebutkan dalam surat al ikhlas ayat 1-4 yg berbunyi : Artinya :
Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa (1) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu (2) Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan (3) Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia (4) . ( QS . Al ikhlas 1-4 )
Dimomen seperti ini, anda juga bisa membiasakan anak untuk memahami, membaca dan menghafal surat surat pendek dalam Al Qur’an .


2. MENANAMKAN RASA SYUKUR


Menanamkan rasa syukur atas nikmat Allah sejak dini merupakan hal positif yg harus selalu dipupuk dalam hati anak , melalui hal tersebut anak akan semakin mencintai Allah Swt dengan segenap hatinya melali hikmah kebaikan dan nikmat syukur atas apa yg ia terima dalam kehidupan nya . Tak lupa untuk terus mengenalkan anak dengan ayat ayat qur’ani yg menjelaskan tentang nikmat syukur agar allah senantiasa menambah kebaikan dan kenikmatan kepada kita serta mengingatkan kita agar selalu menjadi hamba yg gemar bersyukur . Seperti yg disebutkan dalam satu ayat al Qur’an yg berbunyi :
“Tidakkah kamu perhatian sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk kepentinganmu apa yang dilangit dan apa yang di bumi dan menyempumakan untukmu nikmatnya lahir dan batin,” (QS. Luqman : 20) “Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rizki kepadamu dari langit dan bumi,” (QS. Fathir :3)
Momen tersebut bisa kita terapkan ketika anak mendapatkan penghargaan, hadiah, saat ia berhasil dalam prestasinya, saat anak makan dan minum minuman favoritnya , ketika bisa pergi berlibur bersama keluarga melihat alam yg indah dan masih banyak lagi yg lainnya .

3. MENGAJARKAN BAHWA ALLAH SANG PENCIPTA SEGALA SESUATU


Sejak dini orang wajib mengajarkan kepada anak terkait penciptaan bumi seisinya dan segala sesuatu yg ada di dunia Segalanya melalui pencipataan & izin Allah Swt .

Allah lah yg menciptakan langit, bumi, hewan, tumbuhan, air, udara, gunung dan yg lainnya dengan maha kekuasaan Allah , Allah pula yg menciptakan rasa bahagia, sedih , ujian agar kita senantiasa dekat dan semakin mengenal Allah SWT .

Momen tersebut bisa kita terapkan ketika sedang berjalan jalan melihat pemandangan alam, melihat bintang di langit,peruban siang & malam, berjalan jalan mengitari sungai dan pepohonan yg menjulang tinggi atau ketika anak sedang murung, sedih maka tenangkan perasaannya dengan ayat ayat al qur’an mengenai kekuasaan Allah yg maha menciptakan segala sesuatu dan maha kuasa untuk mengangkat segala keadaan yg tidak menyenangkan dalam kehidupan .

Ayat ayat al qur’an yg bisa kita bacakan, diantaranya :

“ Jika aku menghendaki, cukup ku berkata “Jadi” , maka Jadilah “ ( QS. Yaasin : 82 )
Dan dengan rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepadan-Nya,” (QS. Al Qashash : 73)
“ Hanya dengan mengingatku, Hati akan menjadi tenang “ (QS. Ar – Rad : 28 )

4. MENGAJARKAN ANAK BERIBADAH


Mengajarkan anak beribadah tentu harus dimulai dari orang tua yg memberikan tauladan kepada anak , pondasi orang tua dan keluarga inti yg kuat akan ajaran islam akan melahirkan anak yg lebih mudah menerima dan mengamalkan ajaran ajaran agama termasuk dalam hal beribadah .

Hal ini bisa kita lakukan dengan berbagai cara, Diantaranya :
· Mengajak anak pergi ke masjid untuk sholat berjamaah
· Sholat berjama’ah bersama keluarga di rumah
· Membaca al quran seusai sholat
· Memperdengarkan anak murrotal al qur’an
· Mengajarkan anak berpuasa ( sesuai usianya )
· Mengamalkan ajaran al qur’an & hadist dimulai dari hal hal sederhana seperti : berbuat kebaikan , menutup aurat, bersedekah dan mendirikan sholat .
· Membaca doa ketika akan melakukan sesuatu, seperti ketika makan, tidur atau hendak ke kamar mandi .

Jangan lupa untuk memberikan anak anak penjelasan melalui ayat ayat al qur;an dimana Allah memerintahkan secara langsung kepada hambanya agar senantiasa beribadah kepada nya , Seperti yg disebutkan dalam salah satu ayat al Qur’an yg berbunyi :
“ Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus “ (Qs. Al-Bayyinah: 5)


5. MENGAJARKAN BENIH BENIH KEBAIKAN PADA ANAK


Mengajarkan kebaikan kepada anak sejak dini merupakan satu hal positif yg akan terus terbawa hingga ia dewasa . Kebaikan kebaikan sederhana bisa kita mulai dengan menyayangi binatang, membantu teman yg kesulitan , berbagi sesuatu kepada orang yg membutuhkan,Bersedekah, bertutur kata yg baik dan sopan dan yg lainnya , Orang tua bisa memberikan tauladan kepada anak dengan berbuat kebaikan kepada orang lain atau memberikan kisah kisah inspiratif dari kisah kisah nabi dan rasul yg dicintai oleh Allah Swt . Serta menanamkan rasa ikhlas pada anak ketika berbuat kebaikan dan bergantung kepada Allah atas balasan kebaikan yg telah dilakukan . Hal terebut sesuai dengan ayat al qur’an yg berbunyi :

“ Siapa yg mengerjakan kebaiak sebesar biji dzarah sekalipun, niscaya ia akan mendapat balasan nya “ ( QS. Al- Zalzalah : 7 )

Nah itulah 5 Tips Mengenalkan Allah SWT kepada anak dengan cara cara yg sederhana namun penuh makna, jangan lupa untuk selalu berdoa dan bertawakkal kepada Allah Swt Agar anak anak kita menjadi anak yg sholeh sholehah dan mencintai Allah Swt Rabbul Alamiin .. Insyaallah..

Semoga Bermanfaat..

img : google
Baca Artikel Lainnya
Update Produk Terbaru!
`Berlangganan
Social Media
Pengaduan Customer
082132283581
Metode Pengiriman
Lawang Agung Grup
@2020 Lawang Agung Inc.