15 April 2020 9:51 am

5 Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Corona, Salah satunya Sehat ala Thibbun Nabawi

Virus corona (Covid-19) telah menyerang ribuan orang di berbagai negara, tak terkecuali negara Indonesia. Virus ini telah menelan ratusan korban jiwa di Indonesia. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang pandemi ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

Perlu kamu ketahui, Virus Corona merupakan virus jenis baru yang disebut dengan Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk mematikan, infeksi ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan sekarang telah menyebar sampai beberapa negara, termasuk Indonesia.

Langkah Utama Mencegah Virus Corona (Covid-19)


Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia diduga melalui percikan dahak / ludah saat batuk atau bersin. Virus ini menyerang di bagian pernapasan manusia. Seseorang yang terinfeksi corona akan mengalami gejala mirip flu, demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, virus itu akan menyerang pernapasan sehingga mengalami sesak nafas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah infeksi virus corona (Covid-19) seperti :

1. Mencuci Tangan


Mencuci tangan dengan bersih adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona ini. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan, termasuk punggung tangan harus bersih. Jika tidak ada air dan sabun, terus pakai apa? Jangan khawatir, kamu bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi virus tersebut.

2. Konsumsi Kurma & Thibbun Nabawi


Mengapa harus kurma ? Kurma memiliki khasiat dan manfaat yang kompleks bagi tubuh kita. Kurma memiliki zat yang meningkatkan imun tubuh kita. Walaupun sampai saat ini, belum ada klaim paten tentang obat virus corona, tetapi virus ini bisa hilang jika tubuh kita sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi kurma.

Selain itu, Kamu perlu mengonsumsi segala thibbun nabawi. Apa saja itu? Ada kurma, Minyak zaitun, habbatussaudah, Madu, dan Air Zam-Zam. Salah satu hadist mengatakan,

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu 'anhu, bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata: “Saudara saya sakit perut”. Rasul menjawab, “Beri ia madu!”. Hal ini dilakukan orang itu sampai tiga kali bolak balik menanyakan kepada Rasul SAW, jawabannya pun tetap madu dan madu" (HR Bukhari, no: 5684 dan Muslim, no: 5731).

Perlu juga kita mengonsumsi 7 butir kurma ajwa’ , in shaa Allah akan terhindar dari racun maupun sihir. Jika tidak ada kurma ajwa’, kamu bisa mengonsumsi segala jenis kurma; seperti kurma sukari, kurma khalas, kurma medjol, kurma madinah, dan jenis kurma lainnya. Oleh karena itu, segera mengonsumsi kurma & thibbun nabawi yang lainnya, agar keluarga kita semakin sehat dan terhindar dari virus Corona (Covid-19).

3. Gunakan Masker saat beraktivitas


Meski Maskeer tidak sepenuhnya efektif mencegah virus Corona (Covid-19), Namun menggunakan masker tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat. Perlu diingat, ketika kamu ingin melepaskan masker dari wajah, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, kamu lakukan mencuci tangna dengan sabun atau hand sanitizer, Agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

4. Tidak pergi ke lingkungan terjangkit


Agar tidak tertular virus corona, lebih baik kamu tidak melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus corona. Perlu kita juga menunda berkegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. Serta menghindari keramaian.

Hal ini sesuai dengan sabda nabi : “Apabila kalian mendengar wabah tha’un melanda suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Dan apabila penyakit itu melanda suatu negeri sedang kalian ada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar dari negeri itu.” (HR Bukhari, no: 5728 dan Muslim, no: 2218).


5. Berdoa


Doa adalah senjata umat islam yang ampuh. Bagi umat islam, doa merupakan cara untuk menyelesaikan segala permasalahan seperti pandemi Corona ini. Perlu kita bermuhasah agar kita selalu ingat akan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanallah wa ta’ala.

Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak doa dan sholawat, agar virus yang menyebar ini segera berakhir, dan kita bisa menyambut bulan Ramadhan 1441 H dengan bersih dan semangat. Aamiiin...

Foto : IDN Times
Baca Artikel Lainnya
Update Produk Terbaru!
`Berlangganan
Social Media
Pengaduan Customer
082132283581
Metode Pengiriman
Lawang Agung Grup
@2020 Lawang Agung Inc.